Selasa, 27 November 2012

Membuat Cerpen -.-"

 Membuat Cerpen 7 Halaman 1 Malam



Cerpen adalah jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita tentang manusia dan seluk beluknya lewat tulisan pendek.

Yahh... Sekilas tentang cerpen.

Beberapa hari yang lalu saya mendapat tugas fantastik yaitu, membuat cerpen sebanyak 7 halaman.

Weeewww... O.O

Memang susah awalnya jika dipikirkan. -.-"
Sebenarnya saya tidak mau membuat tugas itu karena alasan pribadi. Namun, karena ini sifatnya harus, jadi saya harus membuatnya dalam waktu 1 malam. -.-"
Terasa sulit memang awalnya. Tapi setelah dikerjakan dengan (maaf) berat hati, dan dengan sedikit berimajinasi singkat, jadilah sebuah cerpen 7 halaman dalam waktu 1 malam.

Cerpen yang saya buat berjudul, "Kasus Desa Ketidakadilan". bisa di-download di bagian bawah.
Ceritanya ada beberapa anak yang tinggal di sebuah desa yang suram dan penuh keterbatasan. Kesuraman itu diperparah oleh penjualan desa oleh Kepala Desa kepada seorang lelaki tua dari kota. Warga desa pun diusir keluar kampung. Anak-anak desa tidak terima akan hal itu. Mereka melaporkan kasus ini di kota. Kasus pun diproses sampai persidangan. Namun, apa daya. Lelaki tua itu melakukan penyuapan kepada jaksa, sehingga lelaki tua itu lolos dari jeratan hukum. Semuanya kecewa akan hal itu. Tapi, semua sudah terlambat. Tidak ada lagi yang bisa diperbuat. Hanya harapan penyertaan dan kehidupan dari Tuhan yang bisa mereka harapkan. 
Yahh... Cerita ini sebenarnya bercerita ketidakadilan, penindasan dan penyuapan. Cerita ini menyinggung tentang penindasan rakyat kecil, ketidakadilan dalam hukum dan korupsi.
untuk lebih lengkapnya bis di-download disini >>>>>> download

Sebenarnya membuat cerpen terbilang mudah. Hanya saja jangan memikirkan berapa banyak kata atau target membuat cerpen itu sendiri. Namun berimajinasilah dan ungkapkan imajinasi itu dalam bentuk cerita.

Enjoy your day. ;)
Sekian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar